Sabtu, 12 Februari 2011

Tips Mengatasi Susah Tidur - Insomnia

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia.

1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.

3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Demikianlah tips mengurangi masalah tidur anda. Selalulah ingat bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan.

Sabtu, 15 Mei 2010

Makro midterm

1... Faktor produksi adalah;
1.tenaga kerja balas jasanya upah(wage)
2.modal(capital) balas jasanya bunga(intercet,deviden)
3.tanah (land) balasnya sewa (rent)
4.tehnologi (skill) balas jasanya profit ( keuntungan) royalti.
*-
3...marginal populity to consume adalah besarnya konsumsi dipengaruhi/tergantung pada jumlah pendapatan tertentu.
4...kebijakan fiskal adalah kebijakan yang ditambah oleh pemerintah berhubungan dengan pemerintah brrhubungan dengan penerimaan pengeluaran dan perpajakan.
@-
1...ruang lingkup ekomakro : kebijakan fiskal,moneter,pendptnan,eko LN.
2...autonomos comsumtion adalah konsumsi yang dilakukan pada sàat pendapatan masih nol 3...teori is_lm adalah I = INVESMENT (INVESTASI) S =saving (tabungan) IS= kebijakan fiskal.
@-
kebijakan moneter adl: kebijakan yg ditempur oleh pemerintah berhubungan dgn jumlah uang beredar dan tingkat bunga. kebijakan pendptan adl: kebijakan yg ditempuh oleh pemerintah berhubungan dengan pendptan dan upah. kebijakan luar negri adalah kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah berhubungan dengan expor(t) impor(m)dan kurs.
@-
1...6 permslahan dlm ekonomi makro; what to produce,how to produce,for whom to produce,why to produce,whare to produce,when to produce. 2...mengapa harga dolar naik,harga emas juga naik? karena emas masih merupakan cadangan \ harta bagi suatu negara dan bank masih menggunakan emas sbg cdangan. 3...inflasi adl : kenaikan harga barang secara umum dan terus menerus pd suatu periode tertentu apa per 3 atau per 6 bln( triwulan,quarta,semesta) 4...pd ssran eko makro tingkatkan expor kurangi impor
x > M = surplus
x < M = DEFISIT X - M = nett ekspor 5...penerimaan < pengeluaran = defisit. 6... indeks harga adl suatu angka yg menggambarkan sejauh mana harga2 dlm perekonomian pd suatu tahun tertentu telah mengalami perubahan jika dibandingkan dgn tingkat harga pd tahun dasar. 7...konjungtur adl kenytaan yg berlaku dlm perekonomian yg menunjukan kegitan ekonomi tdk berkembng secra tertur ttpi menglmi kenaikan atau kemunduran yg sellu berubh2 dri wktu ke wktu. 8... nerc pembyrn adl suatu informsi atau cctn ringks yg menunjukn aliran kelur msuk keuangan diantara satu negera dengan lain.
@-

gnp adl pendptan seluruh bangsa indonesia termasuk yg diluar negri. gdp adl pendptan seluruh rakyat indonesia dan org asing yg berda di dlm negara indonesia. neraca perdagangan adl menggambarkan nilai export dan import barang serta perbedaan nya dlm suatu tahun tertentu. cara menghitung gnp adl 1. production apprpch(pendektan produksi) 2. income approach(pendektan pendptn) 3. expenditure approch (pendptn pengeluaran)
@-
eko makro adalah: suatu ilmu yg mempelajari perilaku perekonomian secara keseluruhan.
@-
sektor pertanian : pertanian,pertambangan dan energi,perdagangan dan industri,transportasi dan telekomonikasi,perhotelan dan pariwisata.